Tips Penghitungan Porsi

"Apakah porsi makanannya cukup?"


Tak jarang kalimat itu muncul dari para pemangku hajat. Mereka berpendapat, lebih baik bersisa daripada ada yang tidak kebagian. Namun dengan antisipasi yang cukup, seharusnya jumlah pesanan pun tidak berlebihan.

Jumlah Porsi Buffet*
Rumusan penentuan porsi buffet, standarnya adalah: Jumlah tamu ditambah keluarga yang diundang. Jumlah tamu kira-kira = jumlah undangan x 2. Hitung juga jumlah keluarga yang datang (sekiranya tidak termasuk dalam jumlah undangan yang disebar, tapi pasti datang).
Nah, rumusan tersebut seharusnya sudah bisa mengakomodasi kebutuhan porsi buffet di acara. Akan sangat baik apabila diterapkan sistem "konfirmasi undangan" untuk memastikan jumlah tamu yang hadir.


Menu Gubukan**
Bagaimana kalau ada menu gubukan? Jika ada menu gubukan, porsi buffet bisa dikurangi. Jika anggaran yang disediakan terbatas, konsumen bisa pesan menu dengan persentase 75% buffet dan 25% gubukan.
Makin banyak persentase gubukan yg diinginkan, tentunya dana juga makin besar karena untuk 1 tamu tidak cukup hanya 1 porsi menu.
Tren masa kini, buffet & gubukan jumlahnya imbang, bahkan ada pula yang sebagian besar pesanannya adalah menu gubukan. Buffet menjadi pilihan bagi tamu ketika menu gubukan sudah habis.

Tentunya, jumlah pesanan buffet/joglo perlu disesuaikan dengan anggaran & selera mempelai & keluarga.

Jika Bapak/Ibu masih bimbang dengan pesanannya, jangan ragu untuk menghubungi Sales & Project Advisor kami :)

Artikel oleh: kru Sonokembang Catering

* Buffet adalah penataan masakan prasmanan di satu meja besar (para tamu mengambil sendiri), biasanya lengkap mulai dari nasi, sup, masakan sayur, masakan daging, hingga dessert
** Menu gubukan / jogloan adalah menu terpisah dari buffet, ditata spesial menggunakan meja tersendiri dan piring terpisah

 
Sonokembang Catering © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions